Di era digital seperti sekarang ini, membangun hubungan yang kuat dengan audiens tidak bisa lagi mengandalkan promosi biasa. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam jenis digital marketing, salah satunya yaitu content marketing atau pemasaran konten.
Tapi agar strategi tersebut bisa menarik perhatian dan membangun kepercayaan pelanggan, Anda harus menerapkan beberapa elemen penting. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!
Inilah 7 Elemen dalam Content Marketing
Dengan menerapkan semua elemen pemasaran konten, campaign yang Anda jalankan bisa memberikan hasil yang lebih optimal. Berikut ini adalah elemen-elemen dalam pemasaran konten:
1. Relevansi
Salah satu elemen terpenting dalam pemasaran konten adalah relevansi dengan target pasar. Konten yang Anda buat harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens yang ingin Anda jangkau.
Tujuannya sederhana, yaitu menarik perhatian orang-orang yang memang berpotensi membeli produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual sepatu olahraga, tentu target pasarnya adalah mereka yang aktif berolahraga atau punya gaya hidup sehat.
2. Informatif
Selain relevan, konten yang Anda buat juga harus informatif. Pasalnya, salah satu fungsi utama konten yaitu memberikan informasi penting bagi audiens. Dengan begitu, audiens bisa mengetahui informasi penting dan detail tentang produk Anda.
Semakin banyak informasi bermanfaat yang Anda berikan, maka semakin besar pula kepercayaan yang tumbuh dari audiens. Kepercayaan inilah yang bisa mengubah mereka menjadi pembeli bahkan pelanggan.
3. Bernilai
Suatu konten akan lebih menarik jika mampu memberikan nilai atau value bagi audiens. Nilai yang dimaksud bisa berupa informasi, inspirasi, atau solusi atas masalah yang mereka hadapi. Semakin besar manfaat yang didapatkan oleh audiens, maka peluang untuk terus mengikuti konten Anda akan semakin tinggi. Pada akhirnya, hal ini bisa membangun loyalitas pelanggan.
4. Unik
Elemen penting dalam content marketing atau pemasaran konten selanjutnya, adalah keunikan. Konten yang unik bisa menjadi alat positioning yang kuat bagi perusahaan. Positioning brand yaitu cara perusahaan untuk menempatkan citra atau persepsi tertentu di benak konsumen. Dengan ide dan sudut pandang berbeda, maka brand Anda akan lebih mudah dikenali oleh audiens.
5. Membangkitkan Emosi
Konten yang bisa membangkitkan emosi audiens, cenderung lebih menarik daripada konten yang sifatnya netral. Saat audiens merasakan emosi tertentu, mereka lebih mudah mengingat pesan yang disampaikan dalam konten. Selain itu, emosi tersebut juga mendorong audiens untuk berinteraksi, misalnya membagikan atau mengomentari konten.
6. Reliable
Konten yang reliable atau dapat dipercaya mampu meningkatkan kepercayaan audiens. Ketika audiens merasa informasi yang disajikan jujur, benar, dan relevan, maka mereka akan lebih nyaman berinteraksi dengan brand Anda. Selain itu, kepercayaan tersebut akan mendorong audiens untuk merekomendasikan produk kepada orang lain dan memperkuat loyalitas.
7. Intelligence
Elemen intelligence yang dimaksud yaitu kemampuan konten untuk dipahami dan diproses oleh mesin pencari atau search engine. Jadi, tidak cukup hanya membuat konten yang berkualitas, tapi juga perlu memastikan konten tersebut bisa dipahami mesin pencari. Dengan begitu, penerapan teknik SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) akan lebih efektif.
Pemasaran Konten Lebih Efektif dengan Bantuan IDEOWORKS
Butuh bantuan dalam content marketing atau pemasaran konten? IDEOWORKS bisa membantu Anda. Sebagai digital marketing agency terbaik, agensi satu ini menawarkan berbagai layanan yang berhubungan dengan pemasaran, mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Pengalaman selama lebih dari satu dekade sejak tahun 2012 dalam bidang pemasaran digital, membantu memberikan hasil yang maksimal. Yuk, hubungi tim IDEOWORKS sekarang juga untuk bekerja sama!
No comments:
Post a Comment